Kecerdasan Buatan dan E-Commerce: Aplikasi dan Peluang
Dengan munculnya pengecer online, persaingan di antara mereka juga meningkat. Dengan banyak penawaran dan diskon produk mereka, pengecer bersaing untuk memiliki keunggulan dalam persaingan mereka. AI https://www.bagustekno.com mungkin menjadi senjata baru bagi pengecer online.
Aplikasi AI dalam Pengalaman Pelanggan di E-Commerce
Personalisasi memberikan penyesuaian khusus pelanggan atas perjalanan mereka di situs web ritel online berdasarkan informasi pengguna yang dikumpulkan dan disimpan oleh situs web seperti lokasi pengguna, riwayat penelusuran, perangkat dan sistem operasinya, serta waktu yang dihabiskan pengguna di setiap halaman. Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan situs web, semakin relevan pengalaman yang dipersonalisasi. Ini memberikan pesan dan peringatan tepat waktu yang mungkin menarik bagi pengguna. Dengan pengetahuan tentang data pengguna dan cara menggunakannya, pengecer online dapat mengubah antarmuka situs web mereka, mengirimkan pemberitahuan tentang produk yang paling diminati atau yang dilihat pengguna tetapi tidak dibeli, dan menawarkan batas waktu untuk produk yang paling diinginkan.
Asisten pribadi bertenaga AI di situs web ritel online memberikan jawaban atas pertanyaan sederhana pelanggan, memberi tahu pelanggan tentang status pesanan, atau menemukan produk dari inventaris yang cocok dengan deskripsi produk pelanggan. Chatbots mengurangi waktu respons karena mereka memberikan jawaban instan dan membutuhkan waktu lebih sedikit daripada koresponden manusia, meningkatkan retensi pengguna melalui pengingat dan pemberitahuan, serta peluang upselling melalui pendekatan yang dipersonalisasi.
Pengenalan gambar adalah hit besar di antara pengguna toko ritel online karena membantu mengurangi perjalanan pelanggan dan melanjutkan ke pembayaran saat pelanggan menemukan apa yang mereka inginkan. Aplikasi rumah yang terhubung telah mengubah cara pembelian dilakukan. Asisten suara seperti Alexa, digerakkan oleh AI, dapat melakukan tugas pembelian seperti menambah atau menghapus item, memeriksa item di keranjang, memeriksa, menyusun ulang pesanan sebelumnya, meninjau status pengiriman, dan memeriksa ketersediaan produk.
Alat pembuatan konten AI membantu membuat deskripsi produk bagi pengguna untuk membuat pilihan mereka. AI dapat mengatasi ulasan palsu di toko ritel online karena ulasan palsu terkadang menghalangi pengguna untuk membeli suatu produk.
Penerapan AI dalam Layanan Inventaris
Teknologi bertenaga AI dapat memberikan informasi akurat yang dapat digunakan dalam perkiraan penjualan, yang merupakan peluang gangguan kritis. Memiliki kemampuan atau teknologi untuk memperkirakan secara akurat stok yang terjual pada tanggal tertentu dan menggunakan informasi masa lalu dari penjualan produk membantu mengelola inventaris secara efisien dan menghemat biaya tinggi. Perencanaan seperti itu sangat penting, apalagi jika barang tersebut mudah rusak seperti sayuran dan tiket transportasi yang akan sia-sia jika tidak terjual dalam jangka waktu tertentu. AI dapat membantu departemen penjualan dalam membuat keputusan tentang penjualan dengan memberikan informasi tentang parameter seperti item paling populer dan paling tidak populer dalam periode tertentu, produk yang dapat dipromosikan pada hari tertentu dengan sukses, dampak acara olahraga dan budaya pada penjualan
Komentar
Posting Komentar